Kamis, 25 Agustus 2016

Seberapa Pentingkah Manfaat Template Untuk Blog atau Website?

Tags

Seberapa Pentingkah Manfaat Template Untuk Blog atau Website?
Zakislawi - Jika ditanya emang penting ya template bagi blog?, saya juga bingung harus mulai dari mana menjawabnya, tapi sebatas pengetahuan saya dalam hal membuat website, template tidak begitu membuat pusing, meskipun jika tampilan amburadul juga akan kurang pede ketika melihat tampilan blog sendiri.


Namun template juga mempunyai tempat khusus di hati google, yang ternyata template juga menjadi tolak ukur penilaian ketika google akan merayapi sebuah situs yang kemudian akan ditampilkan di hasil pencarian.

Sebuah situs dengan template mobile friendly akan diutamakan daripada situs yang tidak menggunakan template mobile friendly, saya juga sering ngecek blog dengan hape, jika ada tulisan mobile friendly pada pencariannya,, merasa tenang deh..

Mungkin bukan saya saja kali ya, yang sering kebingungan ketika sedang memilih template, mau pilih template yang gratisan, tapi takut ada script yang akan menyakiti blog kita, sehingga benar-benar hati-hati dalam memilih template apalagi yang gratisan.

Beli template premium juga ternyata tidak segampang asal baca penawaran atau deskripsi template dan menjadi jaminan kalau template itu bagus. Kadang saya juga bertanya-tanya apa sih bedanya antara template gratis dengan premium, apa hanya beda di creditnya saja?.

Saya pun pernah mencoba untuk membuat template sendiri, saya gabungkan metode bootstrap yang saya baca-baca dari website kesukaan saya yaitu w3school, dan ternyata memang berhasil dalam hal CTR atau nilai klik pada slot iklannya lumayan sedikit naik dari sebelumnya.

Jika melihat kejadian itu, bisa dibilang template juga mempunyai manfaat yang tidak sedikit, dan mempunyai andil yang cukup fantastis bagi sebuah blog. 

Layout Template

Saya menarik kesimpulan menurut pribadi saya sendiri, tentang Layout Template. Jika mengingat bahwa google akan mengutamakan template yang Mobile Friendly, lalu layout template itu biasanya ada yang 2 kolom dan 3 kolom, untuk yang 2 kolom sendiri terbagi menjadi dua, yaitu sidebar sebelah kiri dan sidebar sebelah kanan.

Mungkin anda juga sering kan menjumpai template blog banyak yang menggunakan sidebar sebelah kanan, seperti blog Zakislawi ini juga menempatkan sidebar pada posisi sebelah kanan sesudah Maincontent.

Kesimpulan ini hanyalah pendapat pribadi saya saja, anda boleh berpendapat beda dengan saya, tapi saya lebih senang dan memang seharusnya banyak orang yang membuat desain template atau memilih template dengan posisi sidebar di sebelah kanan.

Karena ketika dibuka melalui gadget seperti mobile, ipad, tablet dan lainnya, posisi sidebar akan berada dibawah konten utama, artinya ketika pengunjung membuka blog kita maka yang akan ditemukan atau dilihat pertama kali adalah isi konten yang mereka cari, baru setelah selesai membaca konten yang diperlukan, ditawari dengan sidebar seperti popular post dan lainnya.

Sedangkan jika sidebar berada di sebelah kiri, pada saat pengunjung yang menggunakan mobile mengunjungi blog kita, maka yang terlihat adalah header, menu, sidebar, isi konten, footer, dan hal itu tidak efisien bahkan tidak efektif juga.

Efek Bootstrap Bagi Template

Mobile Friendly sebuah template blog tentu tidak lepas dari yang namanya bootstrap, sepertinya bootstrap akan terus membayangi para webdesigner dalam mendesign situsnya, karena dengan bootstrap tampilan web lebih responsive, terlebih pada bagian navigation.

Bagi pengguna wordpress menurut saya tidak terlalu ribet, namun saya amati pada template blogger, tentu pada penggunaan template seluler, secara default hanya akan tampil konten saja, tidak ada sidebar, juga menu. sehingga bootstrap sangat membantu untuk mengatasi hal tersebut.

Tentu bagi publisher adsense, juga ingin iklannya tampil untuk pengunjung yang menggunakan mobile, sedangkan untuk tampilan default template selular blogger/blogspot yang tampil hanya main content, maka jika ingin menampilkan iklan, script iklan taruh pada widget pada section dan section tersebut diberi kode mobile='yes'.

Dan jika template didesign dengan menyertakan bootstrap, maka kita sudah bisa menampilkan semua element layout template, dengan cara, memilih pada pengaturan template seluler, pilih khusus, namun sebelumnya cek dulu template yang kita gunakan apakah responsive atau tidak. Jika tidak mending tetap gunakan default dari blogger.

Cara Cek Template Itu SEO dan Responsive atau tidak

Untuk mengecek sebuah template itu SEO atau tidak mungkin banyak juga postingan di blog-blog yang isinya menyarankan pakai web ini dan itu, seperti Gmatrix dan lain-lainya.

Tapi saya lebih menyukai cara saya sendiri mengecek template itu SEO atau tidak, ya kembali untuk masalah mana yang benar dan salah, itu relatif, dan saya melakukan cara ini karena saya sedang berurusan dengan google, maka saya pun harus mendengarkan apa kata google.
Cara mengatasi bundlecss
Cara mengatasi bundle CSS pada PageSpeed Insights

Maka dari itu, saya mengecek template itu responsive atau tidak, dengan alat yang telah disediakan oleh google, seperti PageSpeed Insights, dan Alat Pengujian Data Terstruktur. Untuk menguji template juga saya menggunakan mobile untuk mencobanya.

Related Post

Bagi saya related post itu seperti garam pada masakan, jadi tidak sedap saja rasanya jika tidak ada related post. Tentu anda juga merasakan hal yang sama saat anda mengunjungi sebuah blog atau situs, setelah anda mendapatkan informasi yang dibutuhkan tentu anda luangkan waktu untuk melihat lihat isi blog tersebut, dengan lirik kanan dan ke bawah, apa saja sih isi blog tersebut.

Jika ada postingan yang terkait tentu itu akan menambah informasi tambahan mengenai hal yang sedang dicari tersebut. Sehingga akan berpengaruh terhadap pageviews dari unique visitor blog kita. 

About us, Privacy Policy ,dan Disclaimer

Saya yakin banyak diantara para bloger yang sering menyepelekaan halaman tersebut. Jika saya ditanya tentang manfaat ketiga halaman tersebut, saya lebih menyarankan cari tahu saya melalui supportnya google, tentu akan menemui tentang pentingnya halaman tersebut.

Ketiga halaman tersebut hanyalah halaman yang menerangkan tentang siapa pemilik blog/situs itu, apa tujuan blog tersebut, lalu isi blog itu kontennya dari mana, peraturan bagi pengunjung, tata cara jika ada klaim atau persoalan hukum lainnya.

Saya rasa itu saja tentang Seberapa Pentingkah Manfaat Template Untuk Blog atau Website?, mungkin lain waktu akan saya berikan tambahan jika memang ada yang perlu ditambahkan.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon