Jumat, 26 Agustus 2016

Cara Terbaik Untuk Mulai Membuat Blog Baru Dan Meningkatkan Trafik

Tags

Cara Terbaik Untuk Mulai Membuat Blog Baru Dan Meningkatkan Trafik
Zakislawi - Meskipun sudah hampir 7 tahun lebih saya belajar ngeblog, sampai sekarang masih terus belajar dan belajar, karena bisa dibilang saya juga masih terpengaruh dengan mereka yang selalu membuat konten dengan iming-iming trafik besar bahkan tak segan-segan memberikan contoh bukti penghasilan mereka yang luar biasa.


Terlepas dari hoax atau tidaknya blog mereka, tapi saya terus semangat untuk mencari informasi, bahkan sampai sekarang saya masih terus mencari informasi tentang Cara Terbaik Untuk Mulai Membuat Blog Baru Dan Meningkatkan Trafik.

Dari berbagai cara, sumber, yang tentunya berbeda-beda, satu demi satu saya praktikkan dan alhamdulillah, terus mengalami kemajuan signifikan walaupun tak sedrastis blog mereka yang sudah expert.

Pada blog Zakislawi ini saya berusaha menuliskan semua satu demi satu, meskipun berlahan, bagi yang ingin mengikuti terus setiap postingan blog Zakislawi ini, bisa mengikuti dengan lewat email anda, nanti setiap ada postingan terbaru, akan dikirimkan lewat email, silakan masukkan email anda pada sidebar sebelah kanan blog ini.

Diantara saran dari mereka yang sudah expert mengelola blog mereka dan berhasil meraih trafik besar, saya tuliskan di postingan ini, diantaranya adalah:

1# Niche

Untuk yang baru memulai blog, atau ingin membuat blog baru, langkah yang pertama harus dipikirkan adalah, bukan nama blognya apa, tapi niche blog apa yang akan dibidik. Untuk menemukan ide niche, bisa anda teliti atau anda lihat lihat, target mana yang akan anda bidik.

Jika sudah ketemu target mana yang akan anda bidik, misalnya anda ingin memberikan informasi atau membantu orang orang yang senang melakukan travel atau rekreasi, maka anda tentukan nichenya adalah traveling atau informasi seputar rekreasi.

Diantaranya misalnya, info tempat wisata, tempat hotel, rute, biro, dan lainnya, dan untuk memilih niche, ketika akan membuat blog baru, disarankan agar memilih atau menggunakan niche khusus atau kecil, jangan semua diberikan pada satu blog.

Hal ini dimaksudkan agar blog mempunyai sedikit pesaing, dan pengunjung akan menemukan informasi yang terkait pada blog anda, dan yang jelas akan tertanam brand pada blog anda, akan membantu orang mengingat blog anda.

2# Keyword Planner

Keyword Planer yaitu melakukan analisa peminat ataupun pesaing terhadap keyword atau jenis blog yang akan dibuat. Untuk menganalisa keyword bisa dengan menggunakan keyword planner punya google, silakan login melalui google adword, dan pada menu tools pilih keyword planner.

3# Lakukan SEO Pada Blog

Pelajari cara SEO pada blog baru, karena bagaimanapun juga SEO itu diperlukan. SEO itu sebuah cara untuk memberitahu robot mesin pencari agar bisa menelusuri setiap konten pada blog, agar blog mampu dikenali dan dibaca oleh robot.

Untuk point-point pada SEO bisa dimulai dari Judul blog, deskripsi blog, meta deskripsi, judul tiap halaman, dan tentunya harus didaftarkan pada webmaster tool, baik itu google ataupun bing.

Juga tentang template, mulai dari desain yang responsive, menu navigasi yang jelas, judul tiap postingan menggunakan header H1, point pada postingan dengan H2, dan kolaborasi warna yang baik.

Dan yang penting adalah konten anda harus fresh, berbeda dari yang lainnya, meskipun tema atau topik blog bisa saja sama dengan yang lain. Penggunaan kata yang baik, maksudnya konten blog ditulis dengan tujuan atau targetnya adalah manusia, jadi gunakan bahasa yang bisa dipahami oleh target anda, jangan menulis konten yang tujuannya untuk mesin telusur.

Mungkin jumlah kata dalam postingan masih juga ada yang bilang tidak perlu, ada juga yang memperhatikan jumlah kata dan kalimat, sedang jika melihat pada ranking SEO pada google dituliskan bahwa 250 kata itu merupakan SMALL SEO.

4# Belajar dari yang lain

Belajar dari blog pesaing juga sangat dianjurkan, tentu untuk memacu atau mengadakan koreksi terhadap kekurangan yang ada pada blog kita. Dengan sering mengunjungi blog pesaing juga akan membantu dalam mendapatkan informasi yang disukai oleh target kita sehingga kita bisa melengkapi kekurangan blog kita tentunya dengan dikemas dengan cara yang berbeda.

5# Manfaatkan Media Sosial

Manfaat media sosial jelas sangat besar, baik untuk promosikan blog ataupun untuk mencari informasi dan bertanya saat ada sesuatu yang membutuhkan panduan dari seseorang. Selain dapat info dan trafik, dengan sering berkumpul pada sebuah grup di media sosial bisa memberikan ide postingan saat terjadi blank.

6# SEO Offline

Bagi seseorang yang mempunyai komunitas offline, hal ini bisa menjadi jalan yang sangat membantu untuk mengenalkan blog secara face to face, misalkan seorang guru, dosen, anggota lsm, anggota organisasi tertentu, ataupun instansi pemerintah.

Mungkin ini dulu yang bisa saya tuliskan pada blog Zakislawi tentang Cara Terbaik Untuk Mulai Membuat Blog Baru Dan Meningkatkan Trafik.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon