Jumat, 26 Agustus 2016

Ngeblog Bukanlah Sebuah Perlombaan Yang Harus Berebut Halaman Pertama

Tags

Ngeblog Bukanlah Sebuah Perlombaan Yang Harus Berebut Halaman Pertama
Zakislawi - Melihat gejolak semangat yang menggelora dari para bloger di Indonesia, saya melakukan pengamatan sendiri benar atau tidaknya itu hanyalah sebatas pengamatan saya sebagai seorang manusia biasa yang tentu saja rentan dengan kesalahan.

Semakin banyak bloger pendatang baru, dan saya menilai perkembangan itu sangat luar biasa, dan patut diberikan apresiasi tersendiri. Seperti halnya forum ads.id sepertinya baru kemarin ramai padahal forum itu telah lama sekali ada, itu artinya forum ads.id menjadi tempat nongkrongnya anak-anak Indonesia mungkin bisa menggantikan kaskus.

Jika yang masuk ke forum tersebut bisa dipastikan mereka berorientasi pada penghasilan, tak terkecuali saya pribadi saat mengunjungi forum tersebut, berharap ada informasi terbaru apa yang bisa saya ambil pada forum tersebut.

Memang diantara mereka memberikan tips untuk menghasilkan uang yang bisa dibilang luar biasa besarnya, dengan cara yang berbeda-beda, dan ada yang mereka tutup-tutup dengan alasan takut dikerjain, entah itu webnya atau apanya.

Jika seseorang membagikan tips, namun ada yang disembunyikan, tentu itu menandakan ada sesuatu yang jika diketahui oleh pembaca akan mengakibatkan beberapa dampak buruk, entah ketahuan hoaxnya, atau memang takut websitenya dikerjain.

Untuk yang hoax, tentu itu tidak mengapa, siapa tahu tips yang menurut orang lain hoax, ternyata bisa digunakan bagi orang tertentu, seperti halnya mendapat uang dari internet, tentu beberapa tahun yang lalu, informasi ini masih dianggap hoax.

Namun jika alasan takut kalau websitenya dikerjain oleh yang lainnya, tentu ini mengindikasikan adanya persaingan yang tidak sehat. Padahal jika seseorang tidak menjahili orang yang sudah berhasil, tapi mau menggali ilmunya tentu itu akan bermanfaat untuk dirinya juga, jika dia menghancurkan website orang lain yang katanya berhasil, tentu selain merugikan orang lain, dirinya pun akan tetap pada posisi tersebut, karena tidak menyerap ilmu orang yang telah lebih berhasil darinya.

Untuk blogging sendiri, saya masih menemui panduan, tips, atau tutorial tentang SEO dimana judulnya bikin nyengir, seperti : Cara mudah agar blog anda berada di halaman pertama google.

Saya nyengir sendiri, saat melihat halaman 2 pada pencarian google, saya cari dengan long tail keyword tersebut. dan ternyata pada halaman kedua pun ada juga, kirain yang halaman dua akan menjadi judul Cara mudah agar blog anda berada di halaman 2 google.

Tapi saya baca pada ebook panduan SEO dari google, justru sangat sederhana, pada panduan tersebut, hanya menyebutkan beberapa point, saja, dan itu sepertinya masih seputar template dan isi konten. Kalaupun ada tambahan, hanya seputar webmaster tool, bahkan pihak google mengingatkan agar tidak tergiur dengan pihak yang menjanjikan mampu memberikan peringkat sebuah blog di mata mesin pencari.

Untuk halaman pertama google, memang jika saya baca tentang panduan internet marketing dari berbagai sumber, saya dapat menerima analisa mereka, jika situs berada di halaman pertama google maka akan mempunyai kesempatan yang besar untuk dibaca oleh pengunjung, dan closing bisa mempunyai kemungkinan yang besar pula.

Namun jika yang dipikirkan bagaimana agar berada di index google, bagaimana agar berada di halaman pertama google, saya rasa kepala akan pusing, tapi jika kita konsentrasi pada konten yang segar, baru, dan unik. Maka dengan sendirinya kita akan menarik minat pengunjung untuk mengunjungi blog kita, apalagi jika pengunjung sudah mengetahui kalau isi dari blog kita memang beda dengan yang lain tentu blog kita akan menjadi referensi dan disandingkan dengan blog yang lainnya.

Jadi, hemat saya, jangan fokus pada berebut halaman pertama, toh masih ada halaman kedua, ketiga dan seterusnya, orang yang sedang mencari sebuah informasi tentu tidak hanya sebatas halaman pertama google, halaman kedua juga masih memiliki kemungkinan besar.

Mari fokus pada konten yang berbeda dari yang lainnya, tema boleh sama, tapi gaya bahasa, kata dan penyampaian haruslah berbeda. Hindari duplikat konten. Biar google yang pusing untuk menentukan siapa yang pantas untuk di halaman pertama.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon