Rabu, 24 Agustus 2016

Blogspot Versus Wordpress, Mana Yang Terbaik?

Tags

Blogspot Versus Wordpress, Mana Yang Terbaik?
Zakislawi - Bagi bloger pemula seperti saya ini, tentu masih sering bertanya-tanya harus pilih mana, blogspot atau wordpress?. Saya pun terus mencari wawasan tentang keduanya dan saya terus menggunakan keduanya.


Blog Zakislawi ini saya menggunakan blogspot, dengan alasan blogspot itu platform gratis yang tentunya unlimited spacenya, meskipun kayaknya untuk bandwith dan visitor saya belum pernah tembus 20ribu perhari tapi baru sampai 11ribu perhari.

Memang banyak yang bilang mereka yang menggunakan wordpress self hosting, mampu memperoleh pengunjung ratusan ribu perhari, tapi berhubung saya belum mengalaminya, maka saya belum bisa menuliskan pengalamannya disini, mudah2an dalam waktu dekat ini blog dengan wordpres self hosting saya sudah bisa aktif dan berkembang, aamiin.

Blogspot memang mempunyai banyak kekurangan, seperti tidak bisa disisipi PHP, sehingga untuk membuat webiste yang dinamis dan interaktif hanya bisa melalui komentar. Tapi ada hal yang menjadi kelebihannya yaitu blogspot tidak dipungut biaya, menggunakan bahasa HTML, CSS dan javascript yang dikemas dalam XML, sehingga mudah dioprek bagi para pemula.

Untuk wordpress sendiri, saya baru mencoba yang pakai shared hosting dan langsung didepak oleh webhosting, yang akhirnya saya putuskan untuk menurutinya yaitu mengupgrade dengan hosting yang berbayar.

Sebenarnya sama-sama baiknya, karena untuk wordpress dan blogger sama-sama punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Jika blogspot/blogger widget bisa dengan memasang script berupa javascript, kalau wordpres menggunakan bahasa PHP.

Untuk wordpress agar bisa SEO, harus dibantu dengan beberapa plugin, seperti yoast, All In One SEO Pack, Akismet dan masih banyak lagi. Bahkan untuk membuat store yang otomatis generat konten, atau sering disebut Auto Generate Content (AGC) wordpress sangat mudah dengan bantuan WProbot.

Amazon, Clickbank, Youtube, dapat dibuat dengan mudah, dan untuk posting bisa dibuat secara otomatis, mau berapa jam sekali jarak antar postingan. Sehingga tidak cape-cape ngetik secara manual.

Sementara untuk mendongkrak pengunjung juga ada plugin yang sangat familiar diantara para bloger yaitu STT2 awas bukan st12 lho ya... 

Tapi, semuanya kembali kepada masing-masing, baik tidaknya masih bersifat relatif, bagi sebagian orang mungkin wordpress lebih baik bahkan terbaik, namun bagi lainnya bisa jadi blogger.com adalah pilihan yang tepat.

Artikel Terkait


EmoticonEmoticon